Beranda Survei Daftar Anggota

OPAC

OPAC

Online Public Access Catalog (OPAC) adalah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. OPAC merupakan perkembangan teknologi di dalam ilmu perpustakaan, selain memberikan kemudahan bagi pengguna juga kemudahan bagi petugas perpustakaan dalam melakukan kegiatan pengatalogan.

Tujuan OPAC

Siregar (2004) menyatakan bahwa peralihan katalog manual ke bentuk online, Di samping banyak menghemat waktu pengguna dalam penelusuran, juga mampu meningkatkan efisiensi pekerjaan pengatalogan bahan perpustakaan baru. Katalog elektronik terbukti juga mampu mempromosikan koleksi perpustakaan sehingga penggunaannya semakin tinggi. Sedangkan Kusmayadi (2006) menjelasakan bahwa tujuan dan fungsi peralihan katalog manual ke bentuk online adalah:

  1. Pengguna dapat mengakses secara langsung ke dalam pangkalan data yang dimiliki perpustakaan.
  2. Mengurangi beban biaya dan waktu yang diperlukan dan yang harus dikeluarkan oleh pengguna dalam mencari informasi.
  3. Mengurangi beban pekerjaan dalam pengelolaan pangkalan data sehingga dapat meningkatkan efisiensi tenaga kerja
  4. Mempercepat pencarian informasi.
  5. Dapat melayani kebutuhan informasi masyarakat dalam jangkauan luas.

Jadi, tujuan penyediaan OPAC di perpustakaan adalah untuk memberi kepuasan kepada pengguna dan staf perpustakaan dan mempercepat pencarian informasi yang tersedia di perpustakaan.

Fungsi OPAC

Menurut pendapat Yusup (1995 : 76), fungsi katalog secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Menunjukkan tempat suatu buku atau bahan-bahan lain dengan menggunakan lambang-lambang angka klasifikasi dalam bentuk nomor panggil (call number).
  2. Mendaftarakan semua buku dan bahan lain dengan susunan alfabetis nama pengarang, judul buku, atau subyek buku yang bersangutan, ke dalam suatu tempat khusus di perpustakaan untuk memudahkan pencarian entri-entri atau informasi yang diperlukan.
  3. Memberikan kemudahan untuk mencari suatu buku atau bahan lain di perpustakaan dengan hanya mengetahui salah satu dari daftar kelengkapan buku yang bersangkutan.

Jadi, fungsi katalog adalah secara umum adalah untuk menunjukkan tempat suatu buku, menginventarisasikan semua koleksi yang dimiliki perpustakaan, serta memberikan kemudahan untuk mencari koleksi yang ada di perpustakaan.( Wahyu, Supriyanto & Muhsin, Ahmad. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan, Yogyakarta: Kanisius.)

Penelusuran OPAC

Menurut Hasugian (2007) mengemukakan ada beberapa jenis penelusuran yang dapat dilakukan melalui OPAC, yaitu :

  1. Penelusuran dengan merawak (browse searching), yaitu menelusur dengan memeriksa satu persatu cantuman (record) dari dokumen yang ada, proses ini memang akurat, akan tetapi membutuhkan waktu yang lama sehingga kurang efisien untuk dilakukan.
  2. Penelusuran kata kunci (keyword searching), yaitu penelusuran dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu sebagai query. Kata kunci tersebut adalah berupa istilah/ kata yang dirumuskan secara bebas (uncontrolled vocabulary) dan kata/istilah yang baku/standard (controlled vocabulary).
  3. Penelusuran terbatas (limited searching), yaitu penelusuran dengan melakukan pembatasan kepada ruas data tertentu, pembatasan database tertentu, pembatasan tahun tertentu, pembatasan bahasa negara dan sebagainya.

Adapun langkah-langkah dalam menggunakan OPAC antara lain:

  1. Buka Halaman pada device Anda dan masukkan alamat website http://perpustakaan.binadarma.ac.id:8333/opac. Jika tampilan inlisnya sudah terlihat, selanjutnya mengklik OPAC untuk melakukan pencarian buku.
  2. Setelah mengklik tampilan OPAC, maka akan muncul halaman pencarian buku. Karena di website Perpustakaan Bina Darma ini cuma bisa mencari buku, maka yang akan kita cari ialah buku. Selanjutnya pada bagian ini, tuliskan kata kunci dan pada bagian kategori. Kita bisa memilih seperti judul buku atau jika mengetahui nama pengarang juga bisa memilih menggunakan nama pengarang atau penerbit dan seterusnya. Setelah memasukkan kata kunci ataupun memilih kategori, klik tombol cari.
  3. Pada bagian ini, sudah terlihat beberapa informasi dari buku yang dicari. Jika tidak menemukan informasi dari buku yang dicari itu artinya buku tersebut belum tersedia di perpustakaan bina darma.
  4. Selanjutnya jika ingin melihat detail informasi dari buku tersebut, klik buku yang di inginkan dan lihat nomor panggilnya. Maka kita akan mengetahui ada di rak keberapa buku tersebut.

Berikut ini video tutorial terkait cara menggunakan OPAC: